Minggu, 03 Mei 2015

Hello HTML 5!

Assalamualaikum wr.wb. kawan-kawan semua, apa kabar kalian para pejuang toga? Hehe. KIYEPEDIA mau upload tugas dari dosen favorit ane nih, Pak Barka Satya. Tugasnya suruh upload  materi tentang HTML 5 ke blog kesayangan. Langsung aja gausah panjang-panjang, check this out gan!

Pengertian HTML 5


HTML 5 adalah sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari Waring Wera Wanua, sebuah teknologi inti dari internet. HTML 5 adalah revisi kelima dari HTML (yang pertama kali diciptakan pada tahun 1990 dan versi keempatnya, HTML4, pada tahun 1997) dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan. Tujuan utama pengembangan HTML 5 adalah untuk meperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.

HTML 5 merupakan salah satu karya Konsortium Waring Wera Wanua (World Wide Web Consortium, W3C) untuk mendefinisikan sebuah bahasa markah tunggal yang dapat ditulis dengan cara HTML ataupun XHTML. HTML 5 merupakan jawaban atas pengembangan 4.01 dan XHTML 1.1 yang selama ini berjalan terpisah, dan diimplementasikan secara berbeda-beda oleh banyak perangkat lunak.

Tag Baru yang dimiliki HTML 5

Tag Baru seperti header, footer, nav, section, aside, dll memungkinkan browser untuk mengakses konten dengan mudah. Sebelumnya, kita hanya menentukan hal tersebut dengan tag dan menggunakan atribut id ataupun class.

Kelebihan HTML 5

1. Fitur kanvas untuk menggambar menggunakan script code
2. Fitur video dan audio untuk media pemutar file multimedia
3. integrasi yang lebih baik dnegan aplikasi situs dan pemrosesannya
4. Integrasi ('inline') dengan doctype yang lebih sederhana
5. Penulisan kode yang lebih efisien
6. Penanganan kesalahan yang lebih baik
7. Mengurangi kebutuhan untuk plugin eksternal
8. Lebih markup untuk menggantikan scripting

Kelemahan HTML 5

Saat ini HTML5 masih dalam pengembangan, sehingga hanya beberapa browser yang sudah mendukung HTML5, seperti fitur-fitur pada HTML5 tidak semuanya bisa berfungsi dengan baik [ada beberapa browser. Beberapa browser yang sudah mendukung HTML 5 seperti Saffari, Chrome, Firefox, dan Opera. Namun kabarnya IE9 (Internet Explorer) akan mendukung beberapa fitur dari HTML5.

Nah, selain bacaan diatas KIYEPEDIA juga mencoba untuk membahas kembali apa yang Pak Barka berikan pada pertemuan kemarin. Yaitu tentang cara memasukan video menggunakan extensi .webdm dan iFrame.

sumber :

https://gandha23.wordpress.com/2013/10/14/kelebihan-dan-kekurangan-html-5/

http://id.wikipedia.org/wiki/HTML5

0 komentar:

Posting Komentar

 
Night Diamond - Link Select